Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Senin, 23 Desember 2013

Makam Kanjeng Jimat (Makam Penguasa Pacitan)

Pacitan- Kompleks pemakaman Giri Sampurno berada di Desa Tanjungsari, Kecamatan Pacitan,  Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasi pemakaman Giri Sampurno hanya berjarak sekitar 700 meter arah utara dari Kantor Pemerintah Kabupaten Pacitan. Dikompleks pemakaman ini terdapat makam Bupati Pacitan ke-6, Joyoniman atau yang dijuluki Kanjeng Jimat.

Kanjeng Jimat merupakan keturunan ke-12 dari Ki Buwonokeling, salah satu utusan Raja Brawijaya di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah pada abad XII masehi, penguasa Pacitan pertama.

Joyoniman atau Kanjeng Jimat termasuk tokoh yang menyebarkan agama islam di Pacitan setelah runtuhnya Kerajaan Majapahit. Kanjeng Jimat atau Joyoniman kemudian bergelar Djogokariyan I setelah menjadi Bupati Pacitan 1812-1826 Masehi. Pada masa pemerintahan Kanjeng Jimat, Pacitan mencapai masa kejayaan dengan semakin pesatnya perkembangan pembangunan baik perekonomian ataupun keagamaan dan tata pemerintahan.

Julukan Kanjeng Jimat, diperoleh ketika beliau dipercaya oleh Pangeran Diponegoro untuk menjaga Jimat atau Pusaka milik Pangeran Diponegoro. Kanjeng Jimat dikenal sebagai sosok yang bersahaja dan taat menjalankan ibadah serta berilmu tinggi. Banyak peziarah yang mempercayai karomah beliau, sehingga sekarang makam Kanjeng Jimat dikunjungi oleh banyak peziarah.

Kompleks Makam Giri Sampurno yang berada di puncak bukit ditengah Kota Pacitan ini, memungkinkan pengunjung melihat pemandangan Kota Pacitan dari atas dan panorama pantai Teleng Ria terlihat jelas dari kompleks Makam Giri Sampurno ini. Setiap tahun untuk memperingati hari jadi Kota Pacitan, makam Kanjeng Jimat ini diziarahi sebagai bentuk penghormatan kepada atas jasa-jasa beliau kepada Kota Pacitan.


(Majalah Cendela hlm 34, edisi 005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar