Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Sabtu, 14 Desember 2013

Promosi Wisata Pacitan, Gencar Dilakukan Agen Luar Jatim

PACITAN - Pacitan bagai dilupakan dalam lembar pariwisata Jatim. Namun keindahan alam kabupaten ujung selatan Jatim ini tetap mampu mendunia.

Tangan asing dan agen wisata luar Jatim menjadi kuncinya.
Bukalah laman mesin pencari Google. Lalu masukkan kata kunci wisata alam Pacitan.
Hasilnya, hampir semua laman promosi wisata Pacitan diunggah agen luar Jatim.

Satu-satunya promosi dari Jatim muncul di laman Pemkab Pacitan. Itupun informasinya terbatas.

Kalah lengkap dan kalah detail dibanding promosi di laman luar negeri dan agen-agen wisata luar Jatim. Sentuhan warga asing memang terasa paling manjur. Para pengusaha yang sudah berpengalaman menggarap wisata tantangan alam ini paham betul terhadap potensi alam Pacitan.

Mereka pun mulai usaha. Membeli lahan warga, membuka  penginapan dan memasarkan keelokan pantai Pacitan pada komunitas penggila selancar dunia.  Mereka inilah yang berhasil meyakinkan para peselancar dunia untuk menikmati pantai-pantai Pacitan, yang mereka sebut sebagai Surga Para Selancar.

Sejumlah agen dan travel dalam negeri turut menyemarakkan. Kebanyakan mereka ini berasal dari Bali, Yogyakarta dan Solo. Biasanya, mereka menawarkan paket ke berbagai objek wisata yang ada di Yogyakarta dan diteruskan ke Pacitan.

Joglo Wisata contohnya. Agen wisata dari Yogyakarta ini sudah empat bulan terakhir menawarkan paket liburan ke beberapa pantai di Pacitan. Pantai tersebut antara lain Watukarung dan Klayar. Kedua pantai ini sangat indah dan belum banyak dijamah wisatawan.

”Kami banjir permintaan untuk ke Pacitan, terutama ke pantainya. Para wisatawan tertarik dengan pantai-pantai itu karena masih belum ramai dan pemandangannya sangat elok. Saya menilai, pantai di sana tidak kalah dengan yang ada di Yogyakarta, bahkan Bali sekalipun,” tegas Muhammad Lutfi, pengelola Joglo Wisata, Selasa (10/12/2013).

Dalam sebulan, rata-rata ada 20 orang yang memakai jasa Joglo Wisata untuk singgah ke Pacitan. Hampir semua wisatawan yang dijamu Lutfi. Untuk wisatawan dalam negeri, kata Lutfi, kebanyakan  berasal dari Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

“Mereka mengetahui keindahan pantai di Pacitan dari gambar-gambar di internet.  Pasirnya putih. Perairan dangkal di pantai sangat bening sehingga dasar berpasir putih bisa terlihat. Panorama lain yang memanjakan mata wisatawan adalah deretan batu karang yang menjulang dari permukaan laut,” katanya.

Menurut Lutfi, para wisatawan itu lebih mengetahui pantai dan wisata alam lainnya di Pacitan ketimbang nama kabupaten yang berada di Selatan Jawa Timur itu.
”Mereka  tahu keindahan pantai lewat internet. Tapi mereka belum tahu pantai itu di mana tempatnya. Jadi kami yang antar,” kata Lutfi.



Sumber : TribunNews


Tidak ada komentar:

Posting Komentar