Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Jumat, 13 Desember 2013

Warga di Kecamatan Nawangan, Pacitan Keluhkan Rusaknya Jalan Hambat Perekonomian


Pacitan- Kondisi infrastruktur jalan yang jauh dari memadai menjadi kendala utama akses ekonomi warga Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  Hal itu diperburuk kedatangan musim hujan yang menyebabkan jalan tanah menjadi berlumpur.
Akibatnya, ruas jalan yang menjadi penghubung antarprovinsi tersebut tidak dapat dilalui kendaraan. Bukan hanya roda empat, kendaraan roda dua pun tidak dapat melintas dari dan ke dua arah. Ini menyebabkan roda perekonomian warga lumpuh.

"Mati total. Jalan tanah itu kalau dilewati musim hujan total. Ya jalan kaki, kembali ke zaman dulu. kalau hujan untuk roda dua dan empat ya sudah total tidak bisa," tutur Sukiman, warga setempat kepada RRI, Kamis (12/12/2013) siang.

Sukiman menjelaskan, kondisi itu sudah berlangsung lama. Warga pun sudah menyampaikan usulan perbaikan hingga beberapa kali. Namun belum ada tanggapan  dari  pemerintah daerah.

Warga berharap jalan rusak yang menyisakan jarak sekitar 3 kilometer segera diperbaiki sehingga akses transportasi warga ke Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri tidak mengalami kendala. Dengan begitu roda perekonomian masyarakat ikut melaju pesat.
"Makanya kami berharap secepatnya dibenahi," tandasnya.

Rusaknya jalan penghubung antar provinsi di Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan menyita perhatian serius Pemerintah Kabupaten Pacitan. Apalagi, prasarana tersebut memiliki peran vital untuk memasarkan komoditas pertanian dan perkebunan. Bupati Indartato saat tilik warga di Nawangan mengatakan, secara berkala pihaknya berupaya membenahi ruas jalan alternatif tersebut. Namun karena keterbatasan anggaran, pembenahan dilakukan bertahap.

Pembangunan akan mulai dilaksanakan tahun depan dengan menyelesaikan pengaspalan sepanjang 1,8 kilometer. Sedangkan sisanya akan dimasukkan pada tahun anggaran berikutnya. Oleh karena itu bupati minta warga tetap bersabar, karena  dengan ketersediaan anggaran sangat terbatas pemerintah daerah masih memiliki banyak pekerjaan rumah, termasuk diantaranya kerusakan jalan yang titiknya menyebar di hampir seluruh wilayah kecamatan.

"Tahun ini (yang dikerjakan) 1,8 kilometer. Kurang lebih nanti masih ada 1 kilometer lagi, (akan dilaksanakan) tahun 2015," terang Bupati Indartato di sela kegiatan Tilik Warga Grindulu Mapan di Desa Tokawi.

Perlu diketahui Desa Tokawi merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Nawangan yang memiliki potensi ekonomi cukup tinggi. Topografi wilayah yang berada pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut menjadikan daerah ini penghasil sayur-mayur, empon-empon, dan bahan pangan lain.

Wilayah yang terdiri 5 dusun ini juga dikenal sebagai penghasil janggelan yang merupakan bahan baku cincau. Selama kunjungan kerja di Tokawi, Bupati menyerahkan bantuan kepada warga miskin, menanam pohon dan mengadakan sarasehan dengan warga.




Sumber: RRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar