Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Minggu, 15 Desember 2013

Pantai Pacitan, Jawa Timur : Ikon Baru Surfing Dunia
















Ilustrasi

PACITAN -Bruce Irons hanya sekali ke Pacitan. Itupun tak banyak yang melihat wajahnya. Tapi nama pria asal Amerika ini cukup populer. Utamanya bagi warga di sekitar pantai-pantai yang kini menjadi ikon baru di dunia surfing (selancar).

Mereka umumnya mengenal Bruce Irons lewat cerita dari mulut ke mulut. Maklum wajah pria asal Negeri Paman Sam ini tidak pernah muncul di televisi Indonesia. Juga sedikit sekali mengisi media-media cetak.

Apalagi untuk kota kecil dan terpencil ini juga jarang tersentuh media. Tapi pria inilah yang membuat pantai-pantai di Pacitan berubah. Pantai yang dulu jarang di jamah orang luar Pacitan, kini menjadi jujuga wisatawan, terutama penggila selancar. Ya, berkat Bruce, pantai tersembunyi di ujung selatan Jatim kini menjadi ikon baru wisata surfing dunia.

Mata dunia itu terpana setelah peselancar top dunia tersebut dolan ke kampung kelahiran Presiden SBY, akhir 2009. Aksi Bruce bermain-main dengan gelombang besar berbentuk gorong-gorong (barrel) itu mendapat liputan di sejumlah media luar negeri.

Dalam sejumlah wawancara di tabloid dan majalah. Bruce menyatakan kekagumannya dan menyebut ombak di Pacitan sebagai surga para peselancar. Kontan, sejak saat itu Pantai Watukarung telah menguncang dunia. Pesona ombaknya disetarakan dengan pantai Hawaii yang selama ini menjadi kiblat para peselancar kelas dunia.

Majalah Waves malahan menjadikan aksi Bruce Irons di Pantai Watukarung sebagai cover depan majalah yang banyak menjadi rujukan para peselancar dunia. Aksi itu dilakukan dengan latar belakang Pulau Sirondo.

Bruce mampu melayang di atas gulungan ombak setinggi empat meter. Aksinya banyak mengundang decak kagum para peselancar yang kemudian ramai-ramai mencoba tantangan baru di Watukarung.

Bruce Irons mencoba tantangan baru di Watukarung setelah diajak peselancar top Indonesia Rizal Tanjung. Bruce Irons, sendiri pernah menyabet juara dunia, Rip Curl Pro Search 2008.
Sementara Rizal Tanjung sendiri merupakan peselancar papan atas nasional. Ia sekaligus menantu Mr Gerberroman, salah satu investor yang membangun rumah limasan di kawasan Pantai Watukarung. Malahan Mr Roman juga membangun penginapan di atas puncak bukit yang telah dibelinya seluas 3 hektar.

Masih banyak pilihan pantai lain. Bagi surfer pemula, mereka bisa memilih Pantai Telengria. Ombak di pantai ini memang sangat cocok bagi para pemula yang ingin belajar surfing.  Di sini juga sudah tersedia fasilistas surfing course dan training dengan instruktur berpengalaman.

Selain itu ombak pantainya tidak terlalu besar dan kondisi gelombangnya bergerak landai. Hanya pada jam-jam tertentu ombak juga mencapai 2 - 3 meter. Sejumlah tempat kursus surfing juga menyewakan papan surfing dengan harga yang relatif murah. Dapat dipastikan setiap hari ada saja wisatawan asing dan lokal yang berkunjung ke Pantai Telengria untuk melakukan surfing.

Pengunjung terbanyak dari Australia, Prancis, Jerman dan Belanda. “Ada saja yang datang kemari, rata-rata 40-50 wisata-wan sehari. Mereka rata-rata para penggemar surfing,” ungkap Heru Joko Kristianto, salah satu pengelola hotel di kawasan Pantai Telengria kepada Surya (Tribunjatim.com Network), Selasa (3/12/2013).

Bagi yang surfing di Pantai Telengria rata-rata memang pemula. Namun bagi surfing yang telah mahir dan berpengalaman biasanya memilih di Pantai Srau atau Watukarung yang ombaknya lebih besar.

Pantai Telengria sendiri memang didesain sebagai lokasi tujuan wisatawan. Di kawasan pantai banyak terdapat penginapan dan restoran dengan berbagai menu spesial. Pantai Telengria juga relatif bersih dengan pasir kecoklatan. Pemandangan alamnya juga tak kalah eksotis karena pantainya berbentuk gentong teluk yang menjorok ke laut.


Sumber:TribunNews

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus