Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Senin, 23 Desember 2013

Jalur Pacitan-Ponorogo Rawan Longsor

Pacitan- Potensi tanah longsor yang memicu kemacetan lalu lintas di jalur Kabupaten Ponorogo - Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kian mengancam seiring tingginya curah hujan belakangan ini. Bahkan, salah satu titik di ruas jalan tersebut sempat tertutup material longsoran selama beberapa jam pada Jumat malam hingga Sabtu pagi kemarin, 20-21 Desember 2013.


"Jalan yang tertutup longsor itu di Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo. Penyebabnya, tebing yang baru dikepras untuk proyek pelebaran jalan ambles," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pacitan, Widy Sumardji, Ahad, 22 Desember 2013.


Beruntung tidak ada korban saat  longsor itu terjadi. Proses pengerukan tanah dan batu yang menutupi jalan juga tidak mengalami kendala. Sejumlah pekerja mengoperasikan kendaraan berat yang ada di lokasi proyek tersebut untuk membersihkan jalan. Sabtu pagi kemarin, jalan sudah bisa lagi dilalui kendaraan bermotor.


Meski material longsor sudah dibersihkan, menurut Widy, para pengguna jalan tetap perlu meningkatkan kewaspadaan. Sebab hujan yang turun mampu merontokkan tebing di salah satu sisi jalan tersebut. "Tanahnya menjadi lumpur dan membuat jalan licin," katanya.


Menurut Widy, potensi tanah longsor juga mengancam jalan raya penghubung Pacitan - Trenggalek, dan Pacitan - Wonogiri, Jawa Tengah. Namun, hingga saat ini bencana alam yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas terjadi di Ngreco.


Di Ponorogo, potensi longsor rawan terjadi di Kecamatan Slahung. Menurut Kepala Seksi Pencegahan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Setyo Budiono, kondisi geografis wilayah kecamatan yang dilintasi jalur provinsi mirip dengan Pacitan. "Medannya perbukitan. Longsor juga rawan menutup jalur Ponorogo - Trenggalek di Desa Pangkal, Kecamatan Sawoo," kata Setyo.



Sumber: Tempo




Tidak ada komentar:

Posting Komentar