Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Rabu, 05 Maret 2014

Kota Kelahiran SBY dan Ani Dijadikan Nama Dua Kapal Baru Basarnas


Merak- Dua kapal nasional (KN) jenis Katamaran akan dirilis di Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten pada Rabu 5 Maret 2014, bertepatan dengan peringatan HUT ke-42 Basarnas di Pelabuhan Indah Kiat, Merak.

Kapal baru tersebut diberi nama sesuai dengan tempat kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono, yaitu KN Purworedjo atau SAR 101 (kota kelahiran Ani) dan KN Pacitan atau SAR 102 (kota kelahiran SBY).

Menurut jadual, kapal yang didesain khusus untuk kebutuhan Basarnas itu dirilis langsung Presiden SBY.
Kapal dua gladak ini merapat di dermaga PT Indah Kiat pada Jumat 28 Maret 2014 lalu. Kapal ini merupakan produk dalam negeri dan selesai dibuat tahun 2014 ini.

"Ini pertama kalinya KN Pacitan dan KN Purworedjo melaut," kata Atang Yana, Mualin 1 KN Purworedjo kepada Berita Cilegon Online (BCO), Selasa 04 Maret 2014.

Dengan menggunakan mesin merk MAN dari Jerman untuk KN Pacitan dan mesin merk Cummin untuk KN Purworedjo, masing-masing Kapal menggunakan 4 buah mesin, sehingga kapal bisa melaju dengan kecepatan hingga 30 knot per jam.

"Kapal ini dirancang khusus dengan dua gladak agar kapal lebih stabil dan speed kapal lebih maksimal," kata Yana. 
Kapal Katamaran ini dirancang untuk kepentingan Basarnas karena sudah dilengkapi dengan segala fasilitas untuk penyelamatan dan pencarian korban kecelakaan serta halypad. 

"Kapal ini sudah dilengkapi semua fasilitas untuk penyelamatan korban, sistem navigasi yang mumpuni bahkan kamera plear untuk pencarian korban, serta ruang operasi dan alat pemadam kebakaran," lanjut Yana. 

Setelah peresmian nanti oleh Presiden SBY, kedua kapal ini akan dikirim ke dua daerah, yaitu KN Pacitan akan dikirim ke laut Kendari dan KN Purworedjo dikirim ke Batam.


Sumber: Berita Cilegon



3 komentar:

  1. I really like this ship. Please, Could you tell me what is the measure of the draft?

    BalasHapus