Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Jumat, 07 Maret 2014

Ibas pun Ikut Membatik di Ngadirojo

Pacitan (Paradise of Java)- Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY), ternyata bukan hanya piawai dalam memainkan peran dipanggung politik nasional. Akan tetapi, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat itu juga memiliki talenta seni lukis. Itu terbukti, saat hari kedua kunjungannya ke Pacitan, Kamis (6/3), 

Ibas-begitu EBY-akrab disapa menyempatkan diri meninjau secara langsung proses pembuatan batik tulis di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo.  Disitu, bungsu Presiden SBY tersebut tanpa disangka langsung memegang canting dan mulai membatik bersama ibu-ibu kelompok UKM di desa tersebut.  Ratusan warga yang ikut menyaksikan kedatangan putra presiden tersebut sempat terhenyak dan keheranan. Ternyata Ibas juga punya bakat terpendam soal seni membatik. 

“Hasilnya memang bagus. Buktinya, hasil goresan canting Mas Ibas di kain mori ini, bisa tembus. Kalau orang tidak bisa membatik, pasti hasilnya tidak seperti ini. Nggak akan tembus,” puji Suparni, Ketua UKM saat menunjukan hasil batikan tulis yang dilakukan EBY.

Meski dengan tangan sedikit gemetaran, canting batik yang masih melekat dijemari tangan kanannya langsung ia tuangkan dalam guratan halus diselembar kain putih bahan batik. 

“Kok tangan saya gemetaran ya,” celetuk Ibas yang disambut gelak-tawa dari ratusan pengunjung yang memadati lapangan bola Desa Hadiwarno.

Ibas sempat mengumbar senyum, ketika hasil batikannya mendapat acungan jempol dari ibu-ibu pembatik dan juga pengasuhnya. 

“Punya bakat juga ya Mas Ibas,” lagi-lagi Suparni memuji tamu istimewanya itu.

Usai meninjau kegiatan batik tulis, menantu dari Hata Rasaja itu, langsung menuju panggung kehormatan untuk menyaksikan pagelaran seni Reyog Singo Mudo Budoyo. Hampir selama 45 menit, suami dari Aliya Baskoro Yudhoyono menikmati kesenian asal Ponorogo tersebut. Ia nampak duduk bersandingan dengan Rony Wahyono, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Pacitan, H. Didik Darmadi, Caleg DPRD Provinsi, Dapil VII Jatim, serta H. Sugiri Sancoko, anggota DPRD Provinsi Jatim dari Fraksi Demokrat. 

“Lestarikan kebudayaan khas Ponorogo itu. Tidak hanya terkenal di kabupaten asalnya, tapi juga di Pacitan, nasional dan dunia Internasional,” ujar EBY, dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ibas juga berkenan menyerahkan bantuan berupa seperangkat kompor listrik kepada ibu-ibu pembatik, dan pakan ternak, kambing boer. Sebelumnya, Ibas juga melihat kontes kambing berukuran bongsor tersebut. Selanjutnya, EBY beserta rombongan bertolak menuju Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro untuk melihat kegiatan ibu-ibu pemecah batu. (ibc15).

Sumber: Jurnal Berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar