Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Selasa, 04 Maret 2014

Fasilitasi Pendirian Museum Pribadi SBY

Pacitan (Paradise of Java)- Rencana pembangunan Museum SBY di Pacitan, terus dikebut. Pemkab setempat, sangat membuka diri seandainya gedung monumental yang akan berkisah tentang perjalanan hidup tokoh nasional tersebut  benar-benar didirikan di kabupaten berjuluk Paradise of Java. Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset (DPPKA) setempat, Heru Sukresno mengatakan, sementara waktu ini memang belum ada ketetapan lokasi untuk pendirian Museum Presiden SBY.

Sekalipun begitu, Heru menegaskan, seandainya memang ada asset daerah yang akan dimohon sebagai lokasi pembangunan musem, pihaknya akan memfasilitasi. 

“Kami siap memproses sesuai mekanisme dan aturan yang ada,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (4/3).

Heru mengungkapkan, diawal pemerintahan Bupati Indartato, rencana tersebut memang sempat mengemuka. Akan tetapi, belum ada kejelasan soal lokasi. Pun, status museum nantinya. Apakah itu asset pemerintah atau swasta, belum ada kejelasan. “Yang utama, keberadaan musem nantinya sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Utamanya masyarakat Pacitan,” harap mantan Kabag Umum, Setkab Pacitan itu.

Sementara itu Kepala Bappeda Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro menambahkan, saat ini rencana pembangunan Museum SBY masih dikonfirmasikan dengan pusat. Termasuk status kepemilikan dari kegiatan tersebut. Menurut Heru, saat ini masih ada dua versi. Pertama, Museum SBY berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), sebagai hadiah dari Negara atas pengabdian SBY selama dua periode memimpin NKRI. Hal tersebut juga berlaku terhadap presiden-presiden sebelumnya. Sementara versi lainnya, museum itu akan dibiayai secara pribadi oleh pendirinya. 

“Saat ini, Pak Junan (Edi Junan Achmadi, Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan, Red) tengah meyampaikan pemaparan di Kemen PU. Hasilnya bagaimana, kita belum tahu,” timpalnya.(jbc15). 

Sumber: Jurnal Berita 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar