Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Sabtu, 31 Agustus 2013

Ada 1070 Goa Yang Sudah Terpetakan di Kota Berjuluk "Kota 1001 Goa" Pacitan

Mendengar Kota 1001 Goa langsung terbesit dengan Kota Pacitan yang terletak di Propinsi Jawa Timur ini. Kota yang terkenal dengan keindahan alamnya terutama goa dan pantai.

Berbicara 1001 goa, maka akan terbayang pula pertanyaan, berapakah sebenarnya jumlah goa yang ada di Pacitan? apakah memang melampaui dari angka 1001 yang sudah melekat menjadi julukan Kota ini?

Sesuai dengan data yang telah dipetakan oleh tim penyusur goa, Kabupaten Pacitan mempunyai goa sejumlah 1070 goa. Wooow.....Sangat banyak. Namun itu belum tertutup kemungkinan akan ditemukan goa baru lagi.

"Yang sekarang tercatat ini sekitar 1070 goa, ini yang sudah dipetakan oleh teman-teman penyusur goa". Ungkap Dr. Eko Haryono selaku Kajur Geografi Lingkungan UGM kepada Tim Tau Gak Sih TRANS7

Kabupaten Pacitan terbentuk dari batuan yang mudah larut, batuan dari daerah yang mudah larut tersebut memudahkan terbentuknya sebuah goa.

Prosesnya adalah:
Awalnya air hujan turun ke bumi melalui celah dari batuan. Karena batuan mudah larut, maka terbentuklah sebuah rongga, rongga itulah yang akhirnya membentuk goa. Ada 2 tipe goa yang ada di Pacitan, yaitu tipe Vertikal dan tipe Horisontal.

Tipe Vertikal, terbentuk dari air yang langsung masuk ke celah batuan dan turun secara vertikal, biasanya goa seperti ini dimanfaatkan untuk wisata petualangan karena akses menuju goa sempit dan sulit. Goa vertikal seperti Goa Luweng Jaran yang berada di Desa Jlubang.

Tipe Horisontal terbentuk dari air yang jatuh di dekat muka air tanah. Goa tipe ini biasanya untuk objek wisata, seperti Goa Gong dan Goa Tabuhan.

 GOA GONG

GOA TABUHAN






WONDERFUL PACITAN....
VISIT PACITAN....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar