Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Sabtu, 31 Agustus 2013

Nasi TIWUL, Makanan Khas Kabupaten Pacitan

Nasi Putih? Sudah Biasa...
Nasi Goreng? Sudah tahu...
Nasi TIWUL?

Nah, ini dia nasi yang masih banyak orang tidak mengetahuinya. Nasi Tiwul merupakan makanan khas dari Kabupaten Pacitan, Jawa Timur  yang sangat lezat berwarna kecokelatan terbuat dari singkong dan cocok untuk penderita penyakit diabetes karena mengandung kadar kolesterol yang rendah.

Nasi tiwul mempunyai rasa perak, agak kenyal, dan sedikit manis ini cara membuatnya tergolong mudah.

  1. Singkong dikupas, dicuci dan dikeringkan hingga menjadi gaplek
  2. Singkong ditumbuk hingga halus menjadi tepung gaplek
  3. Di taruh di dalam suatu wadah, kemudian tepung gaplek dipercikan sedikit air dan dicampur/diaduk(dengan tangan) hingga membentuk butiran-butiran
  4. Dikukus sampai matang.

Mudah kan??
Jadi bagi anda yang tidak bisa mencicipi langsung Tiwul Khas Pacitan, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Namun, jika anda berkunjung ke Pacitan, tidak ada salahnya jika mencoba Makanan Khas pacitan ini ditempat yang sudah tenar di Pacitan yaitu Rumah Makan BU. GANDHOS yang berada di Jalan Pacitan-Solo tepatnya di atas Pantai Tamperan,Pacitan. Selain Tiwul juga tersedia berbagai macam menu lainnya, seperti Kalakan Hiu yang juga termasuk makanan Khas Pacitan.

Disamping anda menikmati makanan, anda juga disuguhi pemandangan yang elok berupa hamparan laut selatan. Seperti Pantai Teleng Ria pun anda dapat melihatnya dari RM tersebut.

WONDERFUL PACITAN
VISIT PACITAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar