Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Sabtu, 31 Agustus 2013

Asal Mula Nama Kabupaten "PACITAN", Jawa Timur


Kabupaten PACITAN adalah sebuah kota kecil yang berada di Propinsi Jawa Timur. Pacitan merupakan tempat kelahiran Presiden Republik Indonesia, Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, disamping itu, masing banyak orang yang tidak mengetahui asal usul nama Pacitan itu sendiri. Pacitan berasal dari nama buah Pace.

Pada awal abad pertengahan ke 17, pada masa kepemimpinan Mangkubuwono terjadi kerusuhan. kemudian, Mangkubuwono mengeluarkan sayembara, siapa yang mampu meredam kerusuhan akan diberikan sebidang tanah di daerah wongkar di psesisir selatan.

Mangkubumi akhirnya yang bisa meredam kerusuhan. Tetapi VOC tidak mengijinkan Mangkubuwono memberi tanah kepada mangkubumi. Itu Taktik licik VOC biar semakin mudah menguasai Indonesia. Kemudian kedua orang tersebut perang di Desa Kebonagung, tetapi ternyata Mangkubumi kalah dan melarikan diri ke hutan. Disanalah Mangkubumi dan ke dua belas pasukannya bertemu dengan Setro Ketipo, kemudian Setro Ketipo memberikan minuman rebusan dari buah pace dan gula kelapa.

Setelah minuman rebusan tersebut, Mangkubumi dan pasukannya sembuh. Hutan tersebut, kemudian daerah yang diingat dan dikaitkan dengan pace yang menyembuhkan. 

Pace dan Sapengetan, lama-kelamaan disebut PACITAN.

Untuk memberi penghargaan kepada Setro Ketipo dia diangkat menjadi Bupati ke 2 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.


Source : [Youtube]- Program Tau Gak Sih TRANS7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar