Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Jumat, 02 November 2012

Gokilnya Kata CIUS?MIAPA?

Kedengaranya biasa bahkan tidak mempunyai makna sama sekali dalam Bahasa Indonesia yang baku. Namun itulah fenomenanya, Kata ataupun ungkapan "CIUS?MIAPA?" saat ini sangat tenar ditelinga masyarakat mulai anak-anak sampai orang dewasapun meniru ungkapan yang berasal dari salah satu iklan operator selular Indonesia.

Kata-kata seperti itu biasanya diucapkan oleh anak-anak yang biasa disebut "4L4Y", mereka menciptakan kosakata-kosakata baru yang berbeda jauh dengan kebakuan bahasa Indonesia.Namun hal itu harus kita tanggapi pada sisi positifnya,yaitu betapa besar kreatifitas yang diciptakan oleh anak-anak Indonesia hingga dapat menciptakan ungkapan yang sebelumnya tidak terbayangkan oleh masyarakat umum.

Dan dengan munculnya kreatifitas itu,tidak dipungkiri ungkapan-ungkapan yang diciptakan dapat masuk ke lapisan masyarakat dan diterima oleh masyarakat untuk dijadikan salah satu menu percakapanatau style baru percakapan sehari hari.

Kembali ke Ungkapan CIUS?MIAPA?
sebenarnya apa arti dari setiap kata didalamnya?
CIUS?
Diartikan dengan Serius
sedangkan, MIAPA? diartikan dengan Demi apa?

Namun dengan datangnya kata-kata baru yang dianggap 4L4Y yang dapat muncul tanpa kita ketahui, kita sebagai Bangsa Indonesia yang mempunyai bahasa persatuan Bahasa Indonesia, seharusnya menggunakan bahasa-bahasa baku atau yang berlaku di KBBI atau setidaknya tidak melenceng jauh dari Bahasa Indonesia yang ada sejak dulu. 

Tetapi, kita juga tidak harus menutup diri dengan datangnya kata-kata baru itu. Yang terpenting adalah kita harus bisa menempatkan dimanakah bahasa Indonesia itu digunakan dengan sebaik-baiknya.serta harus disikapi secara bijak.(frendi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar