Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Jumat, 09 November 2012

KARYA TULIS KREATIF :Pemanfaatan Sampah Anorganik Plastik


Pemanfaatan Sampah Anorganik Plastik

            Plastik. Ya, siapa yang tidak pernah mendengar nama itu. Yang mempunyai fungsi yang banyak sekaligus mempunyai efek buruk yang sangat besar pula. Tetapi itu semua tinggal individualnya saja yang menggunakan.
            Dari permasalahan itulah yang menggugah saya untuk memecahkan beberapa pertanyaan atau asumsi seseorang tentang plastik serta setelah menjadi sampah. Diantaranya :
            1. Apa itu plastik..?
            2. Apa tujuan dan manfaat plastik..?
Selanjutnya, muncul pertanyaan, bagaimana setelah menjadi sampah.
            3. Untuk apakah sampah plastik..?
            4. Apa dampak sampah plastik ?
            5. Bagaimana cara mengolahnya..?
            Baik, dari beberapa pertanyaan diatas mungkin terlihat pertanyaan yang biasa-biasa saja, tetapi apabila kita perdalam maka pertanyaan-pertanyaan itu akan menjadi pokok untuk memecahkan asumsi-asumsi yang utamanya negatif terhadap plastik dari banyak masyarakat.
            Selanjutnya saya akan menjawab satu per satu dari lima butir pertanyaan diatas.
            Apa itu Plastik..?
            Plastik mempunyai arti yang universal tinggal apa pendapat dari setiap masyarakat. Tetapi intinya bahwa plastik termasuk bahan anorganik, artinya bahwa benda-benda yang tergolong dalam anorganik berarti benda tersebut sulit untuk di uraikan di dalam tanah. Begitu juga dengan plastik, untuk menguraikan plastik butuh waktu yang sangat lama,berpuluh-puluh hingga ratusan tahun.
 Dengan melihat bahwa plastik tergolong dalam anorganik serta sulit di uraikan dalam waktu yang pendek, maka kita bisa membayangkan kalau setiap hari satu orang menggunakan misalnya 5 plastik sedangkan kita tahu bahwa jumlah penduduk indonesia lebih dari 250 juta jiwa,apa yang terjadi? Ya, tanpa berpikir panjang kita akan menjawab plastik akan semakin menumpuk di tengah-tengah pemukiman masyarakat yang tentunya sangat mengganggu.
            Apa tujuan dan manfaat plastik..? 
            Kalu berbicara tentang tujuan serta manfaat dari plastik, tentunya banyak sekali peran plasti dalam kelangsungan hidup manusia. Mengapa saya mengatakan seperti itu? Karena memang terlihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di dunia khususnya Indonesia, dalam setiap waktu, setiap tempat, setiap kebutuhan selalu peran plastik sangat menonjol dibandingkan yang lainnya dalam hal fasilitas pemanfaatan.
            Fungsi yang menonjol dari sebuah plastik adalah tempat membawa barang yang tentunya efisien serta praktis. Hal itu sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan aktifitasnya. Tidak dapat di pungkiri pula bahwa plastik digunakan segelintir masyarakat yang kebanyakan terjadi di pedesaan yaitu digunakan untuk menyimpan uang. Dan tentunya masih mempunyai fungsi banyak lagi yang tidak dapat saya uraikan satu per satu. Tetapi anda dapat melihat bagan seperti ini :

Plastik
Manfaat Penyimpanan
Menyimpan uang
Menyimpan kertas/buku
Menyimpan bumbu dapur
dll


Manfaat Penggunaan (dalam aktifitas)
Menaruh barang-barang belanjaan
Menaruh barang-barang yang rentan terhadap suatu hal (Panas, dingin)
Membuat bungkus produk
dll

            Selain disisi manfaat, plastik juga mempunyai tujuan yang tentunya sangat di butuhkan manusia. Memang di dalam tujuan itu hampir sama dengan manfaat tetapi tetap berbeda. Karena manfaat lebih menuju ke aktifitas/fisik langsung bukan saja teori. Dan inilah beberapa tujuan dari diciptakannya plastik yang mungkin bisa kita ambil :

Tujuan Plastik
Untuk memudahkan dalam aktifitas masyarakat
Melindungi sesuatu agar lebih aman

 Mempermudah pabrik dalam pekerjaanya
Membuat suatu benda/barang lebih praktis



            Untuk apakah sampah plastik..?
            Mengenai untuk apa sampah plastik, dalam kehidupan yang nyata ternyata banyak masyarakat tidak mengetahui untuk apakah plastik itu setelah selesai digunakan. Banyak yang beranggapan bahwa “habis pakai ya buang”. Memang pernyataan itu tidak sepenuhnya salah, karena sekarang pun yang terlihat bahwa plastik yang selesai di pakai langsung di buang begitu saja.
            Tetapi juga kita tidak ada salahnya untuk berpikir ulang tentang plastik yang telah kita gunakan. Apakah plastik itu setelah menjadi sampah sudah tidak lagi mempunyai manfaat atau masih mempunyai manfaat yang lain.
            Hal itulah yang harus kita jernihkan pada pola pikir kita dalam menanggapi sampah plastik. Buatlah otak kita itu selalu berjalan berpikir dan berpikir untuk maju dan menemukan ide-ide baru yang tentunya membawa dampak yang baik pula pada orang lain yang melihat ide kita itu.
            Dalam konteks ini yaitu berpikir bagaimana membuat sampah plastik yang sudah tidak terpakai lagi dan dianggap hanya mengotori saja menjadi sesuatu yang berharga dan bernilai positif tentunya.
            Banyak cara yang bisa kita tempuh asal ada rasa kemauan dan kesadaran  yang muncul pada diri kita masing-masing untuk maju kedepan memikirkan apa yang dapat kita buat dari seonggokan sampah plastik yang tak ternilai lagi bentuknya.
            Contoh sederhana yang dapat kita lakukan dengan sampah plastik diantarannya membuat keterampilan dan kreatifitas.serta untuk menambah suatu kreasi-kreasi baru yang dapat merubah suatu tatanan bermasyarakat ke arah yang lebih baik. Kita juga dapat berbisnis melalui gagasan yang kita punya. Dijadikan apakah nantinya sampah plastik itu.

            Apa dampak sampah plastik ?
            Sampah plastik. Tidak dipungkiri kita dapat menjumpainya dimanapun kita berada. Di sekolah, kampus, terminal,tempat wisata bahkan di jalan-jalan. Hal ini akan menimbulkan dampak buruk terhadap sesuatu yang terdampak. Contoh yang riil, yaitu perasaan kita kalau berada di suatu tempat wisata yang seharusnya indah tetapi karena adanya sampah pastik yang berlebih maka akan menghilangkan mood kita yang sebelumnya sangat bersemangat menjadi rasa malas yang muncul . Karena plastik telah menghilangkan rasa estetika pada tempat wisata tersebut.
            Selain itu sampah plastik yang dibiarkan menggunung ditempat sampah yang bercampur dengan sampah-sampah organik, lama-kelamaan akan menimbulkan bau yang tidak sedap untuk kita cium. Banyak kita jumpai di tempat-tempat umum yang dianggap penting(alon-alon kota,tempat wisata,toko,dll) sampah dibiarkan begitu saja seolah lalai tak ada yang merawatnya.
            Hal itu apabila terus-menerus dibiarkan, maka akan menimbulkan berkurangnya minat orang/wisatawan yang ingin mengunjungi suatu tempat tersebut.dan akan merugikan pihak-pihak yang terkait.
            Dengan mengetahui dampak yang ditimbulkan,seharusnya pemerintah membuat kebijakan serta tindakan yang lebih tegas lagi untuk mengatasi membludaknya sampah plastik saat ini. Mungkin dengan memberikan pendidikan keterampilan kepada masyarakat.
            Begitu pula kita sebagai masyarakat harus ikut andil dalam kegiatan mengurangi sampah plastik yang semakin tak terkendali.Banyak cara mengurangi sampah plastik diantarannya di taruh di dalam tanah serta dibakar ,tetapi hal itu menurut saya kurang efisien karena juga akan menambah masalah lagi bagi lingkungan.yaitu dalam dunia pertanian. Kita akan kesulitan mendapatkan tanah yang subur lagi karena di dalamnya terdapat banyak plastik yang tentunya jika belum terurai tidak akan menyuburkan tanah. Apabila dibakar maka efek buruk dari bakarannya adalah menimbulkan pemanasan global jika dalam jumlah yang sangat besar.


Bagaimana cara mengolahnya..?
            Mengenai cara pengolahannya. Kita dapat mengolah sampah plastik untuk dijadikan suatu kerajinan yang tentunya dapat dijadikan ajang perbisnisan. Dengan adanya kerajinan maka ada sesuatu yang kita jual sehingga akan mendapatkan materi yang mungkin dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
            Dengan kerajinan, maka akan melatih masyarakat untuk selalu bekerja dan bekerja,selain itu juga akan mengurangi pengangguran di Indonesia yang selalu bertambah saja setiap tahunnya.Kita dapat membentuk suatu kelompok kerja yang di dalamnya memikirkan hal apa yang harus kita lakukan dengan sampah plastik ini.
            Atau kita dapat membuat kerajinan rumahan yang dibuat oleh masyarakat sekitar yang tentunya terbuat dari plastik bahannya. Sebagai contoh adalah kerajinan membuat tas yang bahannya dari plastik bekas suatu produk.Ini merupakan suatu pemikiran yang unik serta berdampak baik bagi pendirinya maupun orang sekitar. Karena kita tidak mungkin membut tas plastik hanya seorang diri maka kita membutuhkan yang dapat disebut karyawan.
            Nah, dalam pencarian karyawan janganlah kita berpikir-pikir jauh dimanakah harus mendapatkan karyawan untuk membantu membuat kerajinan tas plastik itu.Kita berpikirlah terhadap orang samping kanan-kiri kita. Kita dapat mengambil dari para tetangga yang mau berpartisipasi dalam hal ini.
            Memang belum tentu semua bisa membuat tas plastik itu, tapi paling tidak penemu ide itu bisa tahu cara membuatnya, sehingga dapat diajarkan kepada tetangga-tetangga terdekat. Dengan itu tetangga yang sebelumnya tidak bisa akan menjadi bisa. Terutama bagi para ibu rumah tangga.
            Disisi lain bagi yang tidak mempunyai pekerjaan, dengan hal ini maka si yang punya ise secara tidak langsung telah membantu memperbaiki struktur ekonomi tetangganya. Yang sebelumnya tidak mempunyai pekerjaan, akhirnya mempunyai pekerjaan.
            Contoh lain yang bisa kita lakukan dengan plastik, masih dalam hal keterampilan yaitu membuat dompet, payung,dll yang kesemuanya itu berbakal dari plasti bekas atau sampah plastik.
            Dari berbagai uraian di atas, marilah selalu berpikir untuk maju dan mencari hal-hal yang baru. Serta berpikir ide-ide baru apa yang akan kita lakukan dengan barang-barang atau benda di sekitar kita yang sudah tidak terpakai. Jangan aggap remeh barang-barang yang terlihat kasat mata sudah tidak ada gunanya lagi, tetapi sebenarnya apabila kreatif akan mendatangkan keberuntungan.
           
            Satu moto dari saya :
“Hari ini adalah untuk masa depan,dan masa depan adalah hasil hari ini”
Yang intinya berusahalah untu maju mulai detik ini, karena masa depan adalah hasil atas usaha yang kita lakukan hari ini.


(Frendi Setiawan Pradikdo)

1 komentar: