Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Rabu, 23 November 2011

Telusuri keindahan Goa Gong Pacitan



Goa Gong berbeda dengan kebanyakan Goa yang pernah kita singgahi, Goa yang berada di Pacitan jawa Timur ini terkenal sebagai gua stalagtit dan stalagmit terbesar dan terindah di Indonesia. Ukuran Stalagtit dan Stalagmit-nya pun beragam, terlihat menjulang dan kokoh menempel di lantai dan langit goa.

Gua Gong terletak di daerah perbukitan, di desa Bomo, Kecamatan Punung, sekitar 30 Km dari kota Pacitan, Jawa Timur dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan transportasi darat dan memiliki kedalaman sekitar 256 meter.

Nama Goa Gong berasal dari suara seperti gong yang ditabuh dalam irama musik Jaranan, yang berasal dari gua, yang biasanya terjadi pada hari Jumat dan konon hingga sekarang masih bisa kita dengar.

Goa ini mempunyai 5 buah sendang ( kolam ), yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Ralung Nisto yang konon memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit.

Sendang adalah kolam yang biasanya terletak di pegunungan, yang airnya berasal dari mata air di dalam kolam tersebut.

Keindahan Stalagnit dan stalagmitnya sangat memukau diabadikan dengan nama Selo Cengger Bumi, Selo Gerbang Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin dan Selo Susuh Angin.

Harga tiket masuk Gua Gong cukup terjangkau hanya sebesar Rp 7.500 dan kemudian menyewa senter Rp 3000.
Sebaiknya anda menyewa guide untuk memasuki Goa Gong, disamping mereka sudah mengenal daerah didalam gua, anda juga dapat mengetahui sejarah Goa Gong dengan harga seikhlasnya. Cukup menarik bukan?

Jangan takut gelap, karena di dalam Goa Gong terdapat lampu berwarna-warni, merah, hijau, kuning, biru cukup membuat jelas pandangan.

Didalam Gua juga terdapat kipas angin berukuran besar untuk mengantisipasi panas di dalam gua, sehingga udara dalam gua tidak pengap dan terdapat 7 titik pemberhentian untuk anda beristirahat.

Nah, apakah anda tertarik untuk berwisata ke tempat ini? jangan sampai ketinggalan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar