Ya,
perkembangan telekomunikasi di Indonesia tak dipungkiri dari hari ke hari
semakin berkembang pesat. Hal ini disebabkan salah satunya oleh pertumbuhan
jumlah penduduk di Indonesia yang semakin bertambah banyak. Selain itu pula
kebutuhan harian masyarakat Indonesia akan aktifitas pertelekomunikasian tak
bisa di bendung lagi. Mulai dari telepon, SMS,Internet dan lain sebagainya.
Namun pada akhir-akhir ini konsumen lebih banyak prosentasinya dalam penggunaan
data internet terutama dalam pemakaian jejaring sosial Facebook, twitter, dan
lainnya.
Namun
di samping itu semua , tidak sedikit pelanggan yang mengeluhkan akan kualitas
jaringan dari berbagai operator di Indonesia tak terkecuali pula yang menyebut
nyebut dirinya sebagai operator yang paling Indonesia. Keluhan muncul dari dari
berbagai sisi diantaranya masalah jaringan yang bermasalah dalam bertelepon,
SMS dan tentunya layanan data yang
saat ini lagi booming-boomingnya.
Pertama,
menyoroti tentang fasilitas call/telepon yang sangat membantu masyarakat dalam
berhubungan dengan orang yang jauh tempatnya. Maslah yang timbul dari sisi ini
adalah :
1. Terputus saat telepon berlangsung
Banyak
dari pelangganyang merasa bahwa dirinya belum memencet tombol “end”
namun telepon sudah tidak tersambung lagi(mati). Hal ini menjadi
pertanyaan para pelanggan, apa ada yang salah ? padahal kita dalam bertelepon
pasti di kenakan tarif, lalu, kenapa jika kita sudah membayar namun telepon
mati? Sama saja itu tidak membuat nyaman para pelanggan dan pelanggan merasa
dirugikan.
2. Tarif yang tidak sesuai
Banyak
operator yang menggembor-gemborkan tarif murah sana sini dengan berbagai cara
agar pelanggan tertarik dengan promonya. Namun hal itu hanya sebentar membuat pelanggan
tertarik karena ada masalah yang dirasakan pelanggan dengan urusan tarif itu.
Diantaranya tarif yang tidak sesuai dengan promo yang di berikan. Pelanggan
merasa dirugikan setelah proses telepon selesai. Merasa hanya telepon sebentar
dan mengikuti promo yang ditetapkan ,tapi kenyataan tarif yang di potong oleh
operator melebihi dari yang di promokan bahakan melonjak berkali lipat dari
tarif standartnya.lalu siapakah yang harus disalahkan? Pelanggan yang
bertelepon atau operatornya?
3. Sinyal full suara terputus-putus
Masih
dalam hal bertelepon, terlihat di layar HandPhone sinyal full, namun saat
digunakan dalam telepon ternyata tidak sesuai dengan keadaan sinyal yang full
yaitu terjadi suara yang terputus-putus saat berlangsungnya komunikasi.Mungkin pantas
jika banyak operator menyatakan dirinya operator yang jaringannya terluas, namun
Pantaskah jika di sebut operator yang jaringannya berkualitas...?
Kedua
, masalah Short Message Service atau yang lebih dikenal dengan SMS. Media kirim
pesan yang sangat praktis dan tentunya cepat sampai tujuan. Tapi fasilitas ini
pula juga tak luput dari permasalahan yang timbul.Mulai dari Tarif SMS yang
tidak sesuai, SMS delivered namun kenyataan “0” besar,sinyal full gagal kirim SMS
1. Tarif SMS yang tidak sesuai
Banyak dialami para pelanggan selular prabayar maupun
pascabayar mengenai ketidaksesuaian tarif SMS yang berlaku. Terkadang yang
seharusnya setelah kirim 3 SMS lalu selanjutnya gratis namun dalam kenyataannya
tidak seperti itu, lalu yang seharusnya tarif per SMS sebesar Rp. 150,- tetapi
malah diatas itu bahkan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya atau terlihat
seperti main colong-colongan antara operator terhadap pelanggan.
2. SMS
delivered namun kenyataan “0”
Angkat tangannya dong yang belum
mengalami hal ini?
SMS juga merupakan kebutuhan
pokok disamping telepon, hal ini SMS
juga sangat berperan penting dalam suatu keadaan tertentu. Sebagai misal jika
kita dalam kondisi yang darurat kita harus cepat menyampaikan pesan terfhadap
yang diperlukan. Namun pada sisi ini masih banyak pelanggan yang mengeluhkan
SMS yang tidak sampai tujuan padahal di
dalam layar HandPhone sudah tertera “Delivered” atau pesan telah
tersampaikan ke nomor tujuan tetapi si penerima ternyata belum menerima pesan
itu sampai kepadanya. Padahal posisi tidak terkirim ke tujuan tersebut sinyal
di HP stabil dan tidak terlihat bermasalah. Mungkin hal itu kecil kemungkinan
terjadi jika menggunakan operator yang sama. Tetapi jika ke lain operator?
Ya itulah kenyataan yang terjadi di lapangan. Apakah yang terjadi? Persaingan
antar operator? Maybe...
3. Sinyal
full gagal kirim SMS
( J ) .... nggak malu nih?
Sinyal full tapi gagal buat kirim SMS???apakah yang
terjadi? Tapi itulah yang terjadi. Kondisi sinyal yang baik bahkan full belum
tentu baik pula kualitasnya. SMS gagal kirim disaat sinyal full?ya, itulah yang
mungkin dikenal dengan sinyal lagi “trouble” , okey.., jika hanya
terjadi sekali dan dalam waktu yang singkat, namun terlihat bahwa hal itu
terjadi berkali-kali serta dalam waktu yang cukup lama,serta itu dialami oleh
beberapa operator di Indonesia bahkan ada slah satu yang dalam permaslahan ini
dialah ahlinya trouble. Mungkin beda tempat beda layanan tapi itulah yang saya
rasakan sendiri di daerah saya. Apa mungkin kualitas jaringan yang bagus dan
berkualitas itu hanya di perioritaskan di Kota besar saja? Dan kota kecil tidak
begitu dihiraukan seperti halnya yang terjadi di Kota tercinta ku ini? Mungkin
hanya pihak operatorlah yang dapat menjawab mengenai hal ini.
Ketiga
yaitu masalah tentang Internet. Internet suatu layanan yang memudahkan para
penggunanya untuk banyak hal dalam mengarungi dunia maya. Berbagai kemudahan
dapat ditemukan di dalam diri internet. Sebagai contoh dapat digunakan sebagai
pencarian data serta sebagai komunikasi menggunakan fasilitas jejaring sosial.
Beda operator beda layanan dan kualitas. Ada yang bagus disisi kualitas namun
biaya membengkak, namun ada pula biaya sangat terjangkau bahkan dapat dikatakan
murah namun kualitas jaringan “no” banget. Sehingga dapat dikatakan
bahwa di Indonesia itu belum ada operator yang dapat mengimbagi dua hal yang
sangat penting yaitu masalah biaya dan kualitas.
Saya sebagai pelanggan salah satu operator merasakah hal
itu pula. Namun apalah daya pelanggan hanya bisa sebagai pengguna saja. Banyak
komplain yang di keluhkan ke Customer Service setiap opertor namun tanggapannya
kurang membuat puas para pelanggan. Sebagai pelanggan hanya menginginkan
operator selular di Indonesia itu mengimbagkan dua hal di atas serta jika
membuat tarif harus sesuai dengan keadaan ekonomi masyarakat Indonesia yang
tentunya dibarengi dengan kualitas jaringan yang bagus.(frendi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar