Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Jumat, 13 April 2012

Operator Selular.... Sudahkah Puaskan Pelanggan???




Ya, perkembangan telekomunikasi di Indonesia tak dipungkiri dari hari ke hari semakin berkembang pesat. Hal ini disebabkan salah satunya oleh pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia yang semakin bertambah banyak. Selain itu pula kebutuhan harian masyarakat Indonesia akan aktifitas pertelekomunikasian tak bisa di bendung lagi. Mulai dari telepon, SMS,Internet dan lain sebagainya. Namun pada akhir-akhir ini konsumen lebih banyak prosentasinya dalam penggunaan data internet terutama dalam pemakaian jejaring sosial Facebook, twitter, dan lainnya.

Namun di samping itu semua , tidak sedikit pelanggan yang mengeluhkan akan kualitas jaringan dari berbagai operator di Indonesia tak terkecuali pula yang menyebut nyebut dirinya sebagai operator yang paling Indonesia. Keluhan muncul dari dari berbagai sisi diantaranya masalah jaringan yang bermasalah dalam bertelepon, SMS dan tentunya layanan data yang saat ini lagi booming-boomingnya.

Pertama, menyoroti tentang fasilitas call/telepon yang sangat membantu masyarakat dalam berhubungan dengan orang yang jauh tempatnya. Maslah yang timbul dari sisi ini adalah :
1.      Terputus saat telepon berlangsung
Banyak dari pelangganyang merasa bahwa dirinya belum memencet tombol “end” namun telepon sudah tidak tersambung lagi(mati). Hal ini menjadi pertanyaan para pelanggan, apa ada yang salah ? padahal kita dalam bertelepon pasti di kenakan tarif, lalu, kenapa jika kita sudah membayar namun telepon mati? Sama saja itu tidak membuat nyaman para pelanggan dan pelanggan merasa dirugikan.

2.      Tarif yang tidak sesuai
Banyak operator yang menggembor-gemborkan tarif murah sana sini dengan berbagai cara agar pelanggan tertarik dengan promonya. Namun hal itu hanya sebentar membuat pelanggan tertarik karena ada masalah yang dirasakan pelanggan dengan urusan tarif itu. Diantaranya tarif yang tidak sesuai dengan promo yang di berikan. Pelanggan merasa dirugikan setelah proses telepon selesai. Merasa hanya telepon sebentar dan mengikuti promo yang ditetapkan ,tapi kenyataan tarif yang di potong oleh operator melebihi dari yang di promokan bahakan melonjak berkali lipat dari tarif standartnya.lalu siapakah yang harus disalahkan? Pelanggan yang bertelepon atau operatornya?


3.      Sinyal full suara terputus-putus
Masih dalam hal bertelepon, terlihat di layar HandPhone sinyal full, namun saat digunakan dalam telepon ternyata tidak sesuai dengan keadaan sinyal yang full yaitu terjadi suara yang terputus-putus saat berlangsungnya komunikasi.Mungkin pantas jika banyak operator menyatakan dirinya operator yang jaringannya terluas, namun Pantaskah jika di sebut operator yang jaringannya berkualitas...?


Kedua , masalah Short Message Service atau yang lebih dikenal dengan SMS. Media kirim pesan yang sangat praktis dan tentunya cepat sampai tujuan. Tapi fasilitas ini pula juga tak luput dari permasalahan yang timbul.Mulai dari Tarif SMS yang tidak sesuai, SMS delivered namun kenyataan “0” besar,sinyal full gagal kirim SMS

1.      Tarif SMS yang tidak sesuai
Banyak dialami para pelanggan selular prabayar maupun pascabayar mengenai ketidaksesuaian tarif SMS yang berlaku. Terkadang yang seharusnya setelah kirim 3 SMS lalu selanjutnya gratis namun dalam kenyataannya tidak seperti itu, lalu yang seharusnya tarif per SMS sebesar Rp. 150,- tetapi malah diatas itu bahkan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya atau terlihat seperti main colong-colongan antara operator terhadap pelanggan.

2.  SMS delivered namun kenyataan “0”
            Angkat tangannya dong yang belum mengalami hal ini?
SMS juga merupakan kebutuhan pokok disamping telepon, hal  ini SMS juga sangat berperan penting dalam suatu keadaan tertentu. Sebagai misal jika kita dalam kondisi yang darurat kita harus cepat menyampaikan pesan terfhadap yang diperlukan. Namun pada sisi ini masih banyak pelanggan yang mengeluhkan SMS yang tidak sampai  tujuan padahal di dalam layar HandPhone sudah tertera “Delivered” atau pesan telah tersampaikan ke nomor tujuan tetapi si penerima ternyata belum menerima pesan itu sampai kepadanya. Padahal posisi tidak terkirim ke tujuan tersebut sinyal di HP stabil dan tidak terlihat bermasalah. Mungkin hal itu kecil kemungkinan terjadi jika menggunakan operator yang sama. Tetapi jika ke lain operator? Ya itulah kenyataan yang terjadi di lapangan. Apakah yang terjadi? Persaingan antar operator? Maybe...

3.  Sinyal full gagal kirim SMS
     ( J ) .... nggak malu nih?
            Sinyal full tapi gagal buat kirim SMS???apakah yang terjadi? Tapi itulah yang terjadi. Kondisi sinyal yang baik bahkan full belum tentu baik pula kualitasnya. SMS gagal kirim disaat sinyal full?ya, itulah yang mungkin dikenal dengan sinyal lagi “trouble” , okey.., jika hanya terjadi sekali dan dalam waktu yang singkat, namun terlihat bahwa hal itu terjadi berkali-kali serta dalam waktu yang cukup lama,serta itu dialami oleh beberapa operator di Indonesia bahkan ada slah satu yang dalam permaslahan ini dialah ahlinya trouble. Mungkin beda tempat beda layanan tapi itulah yang saya rasakan sendiri di daerah saya. Apa mungkin kualitas jaringan yang bagus dan berkualitas itu hanya di perioritaskan di Kota besar saja? Dan kota kecil tidak begitu dihiraukan seperti halnya yang terjadi di Kota tercinta ku ini? Mungkin hanya pihak operatorlah yang dapat menjawab mengenai hal ini.

Ketiga yaitu masalah tentang Internet. Internet suatu layanan yang memudahkan para penggunanya untuk banyak hal dalam mengarungi dunia maya. Berbagai kemudahan dapat ditemukan di dalam diri internet. Sebagai contoh dapat digunakan sebagai pencarian data serta sebagai komunikasi menggunakan fasilitas jejaring sosial. Beda operator beda layanan dan kualitas. Ada yang bagus disisi kualitas namun biaya membengkak, namun ada pula biaya sangat terjangkau bahkan dapat dikatakan murah namun kualitas jaringan “no” banget. Sehingga dapat dikatakan bahwa di Indonesia itu belum ada operator yang dapat mengimbagi dua hal yang sangat penting yaitu masalah biaya dan kualitas.

Saya sebagai pelanggan salah satu operator merasakah hal itu pula. Namun apalah daya pelanggan hanya bisa sebagai pengguna saja. Banyak komplain yang di keluhkan ke Customer Service setiap opertor namun tanggapannya kurang membuat puas para pelanggan. Sebagai pelanggan hanya menginginkan operator selular di Indonesia itu mengimbagkan dua hal di atas serta jika membuat tarif harus sesuai dengan keadaan ekonomi masyarakat Indonesia yang tentunya dibarengi dengan kualitas jaringan yang bagus.(frendi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar