Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Jumat, 30 September 2011

Info Pacitan

Jemaah Haji Asal Pacitan 90 Persen Manula

Pacitan -Dari 149 calon jemaah haji asal Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 90 persennya berusia 63 tahun. Jumlah ini belum termasuk 14 orang yang batal berangkat lantaran usia dan kesehatan. “Ada yang batal berangkat dan menunda tahun depan karena istri atau suaminya baru berangkat 2012 nanti,” ujar Kepala Seksi Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan Nurul Huda, Jumat, 30 September 2011.

Mereka yang tidak jadi berangkat merupakan jemaah yang masuk dalam daftar gelombang pertama dari kuota tambahan. Calon haji Pacitan masuk dalam kelompok terbang 74 Embarkasi Juanda Surabaya. Kondisi jemaah yang rata-rata sudah berumur itu sedikitnya 40 orang masuk kategori observasi. Mereka ada yang pernah stroke dan sejumlah penyakit yang memiliki risiko tinggi.

Mereka yang usia lanjut atau berisiko tinggi harus menjalani pemeriksaanelectrocardiography (ECG) dan rontgen. Jika dibutuhkan harus ada rujukan pemeriksaan dokter spesialis. “Perlakuan khusus terhadap calon jemaah ini sangat diperlukan untuk data buku hijau yang dibawa jemaah,” ujar Nurul.

Kuota calon jemaah haji asal Kabupaten Pacitan tahun ini sebanyak 152 orang di mana 13 orang di antaranya merupakan jemaah haji tambahan dari daerah lain. Tambahan sebanyak itu naik dua kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada 2010 jumlah jemaah haji tambahan hanya lima-enam orang. Jemaah haji tambahan berangkat karena mengisi kuota yang kosong. “Dasar penetapannya sesuai dengan nomor urut database onlinedari Kementerian Agama Pusat,” ucap petugas Sistem Komputer Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, Muhamad Aziz Purnomo. 

ISHOMUDDIN

sumber : Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar