Selamat Datang di EXPOSE PACITAN dan Perbaharui Informasi Terbaru Untuk Anda di Sini, Terima Kasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat

Rabu, 26 Februari 2014

Masih Sebatas Rencana Terkait Usulan Perubahan Status Jalan

Pacitan (Paradise of Java)- Rencana Pemkab Pacitan mengajukan perubahan status jalan, dari jalan kabupaten menjadi jalan strategis nasional disejumlah titik, tampaknya baru sebatas rencana. Terbukti, hingga minggu ke tiga bulan Februari ini, belum ada surat usulan resmi ke kementerian terkait. Pelaksana Administrasi, Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Gelonggong, Pacitan, Hadiwarno, Batas Wilayah Trenggalek, Suyatni, mengatakan, pihaknya merasa belum pernah menerima surat resmi terkait usulan perubahan status jalan. Dengan begitu, dia belum yakin apakah rencana tersebut bisa terealisasi ataukah tidak. 

“Usulan yang mana, sampai detik ini memang belum ada surat terkait persoalan tersebut,” katanya saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (25/2).

Pria yang akrab disapa Yatni tersebut menjelaskan, kebiasaan yang dia alami, setiap ada usulan apakah itu perubahan status ataukah paket kegiatan, pasti ada surat tembusan. Sebab pihaknya merupakan pelaksana jalan nasional yang ada di Kabupaten Pacitan. Dia mengungkapkan, ada 11 paket proyek jalan nasional senilai Rp. 200 miliar. 

“Tapi itu tidak ada hubungannya dengan usulan perubahan status jalan,” tandas pejabat fungsional, asal Kecamatan Punung ini pada awak media.

Dari sebelas paket proyek jalan nasional tersebut, dua diantaranya melintas di kawasan Pantai Klayar. Akan tetapi, proses tendernya belum dilaksanakan. Sebab, menurut hasil survey lapangan, proses pembebasan lahannya memang belum clear. Masih ada pihak Iand owner yang belum menyepakati nilai ganti rugi yang ditawarkan tim pembebasan lahan bentukan Pemkab Pacitan. 

“Mereka meminta harga per meternya dikisaran 100 ribu lebih. Tapi panitia pembebasan lahan masih bertahan diharga 100 ribu/meter. Tinggal selisih sedikit sebenarnya,” beber Yatni.

Sebagaimana pernah diberitakan, Pemkab Pacitan memang berencana mengusulkan perubahan status jalan dari jalan kabupaten menjadi jalan strategis nasional. Ruas jalan tersebut tersebar disejumlah titik, yang diantaranya sebagai akses pariwisata, pendidikan dan urat nadi perekonomian.  Direncanakan pada Tahun 2014, sudah clear dan konstruksi jalan siap dibangun. (jbc15).


Sumber: Jurnal Berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar